Sudah Yakin NIK Milikmu Digunakan Untuk Daftarkan Nomor HP Yang Kamu Pakai? Begini Cara Ceknya

144
views
kartu prabayar
kartu prabayar

Sudah yakin NIK milikmu digunakan untuk mendaftarkan nomor sesuai yang sudah kamu daftarkan dan bukan nomor orang lain yang tidak dikenal?

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com (22/11/2017), Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika bersama-sama dengan operator telekomunikasi telah bersepakat untuk menyediakan layanan fitur Cek Nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar yang digunakan leh pelanggannya.

Fitur Cek Nomor ini dibuat dengan tujuan agar pelanggan akan dengan mudah mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) miliknya sudah digunakan untuk mendaftar berapa nomor.

Jadi dengan demikian, pelanggan akan dapat mengetahui, apakah nomor-nomor Hp yang terdaftar dengan menggunakan NIK nya tersebut adalah benar-benar miliknya atau bukan, jika bukan maka pelanggan akan dapat datang ke gerai operator yang bersangkutan untuk melakukan UNREG atau penghapusan nomor tersebut.

“Dengan adanya layanan ini, jika saat pengecekan ditemukan nomor yang tidak dikenal terdaftar dengan data NIK dan KK miliknya, masyarakat dapat langsung datang ke gerai untuk melakukan UNREG,” jelas Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli seperti yang dilansir oleh Kompas.com (23/11/2017).

Saat ini cara untuk mengecek nomor hp yang sudah terdaftar menggunakan NIK ini masih harus dilakukan dengan menggunakan operator terkait.

Begini cara mengecek NIK yang sudah terdaftar di kartu SIM:

  • Telkomsel: via website: https://telkomsel.com/cek-prepaid
  • Indosat: via SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444
  • Xl Axiata: via USSD dengan format: *123*4444#
  • Hutchison Tri (3): via website: https://registrasi.tri.co.id
  • Smartfren: via website: https://my.smartfren.com/check_nik.php
  • STI: via website: https://my.net1.co.id

Baca juga

Jika operator yang anda gunakan belum menyediakan layanan ini, Pemerintah telah memberikan batas akhir jika fitur ini harus disediakan oleh operator paling lambat tanggal 27 November 2017. Dan bagi non pelanggan, fitur mengecek nomor ini dapat diakses paling lambat pada akhir tahun 2017 ini.